JAWABAN UJIAN AKHIR SEMESTER
MATA KULIAH PENGEMBANGAN SUMBER BELAJAR
DOSEN PENGAMPU : DR. SAMSUDIN,M.Pd.
NAMA MAHASISWA : MUHAMAD AGUNG
NIMKO : 5520100115
1. Jelaskan pengertian Sumber Belajar yang dikutip, minimal 5 pendapat para ahli, kemudian dikemas menjadi pendapat saudara sendiri.
Jawaban :
1. Pengertian sumber belajar menurut pendapat para ahli :
a. Menurut Yusufhadi Miarso
sumber belajar adalah segala sesuatu yang meliputi pesan, orang, bahan, alat, teknik, dan lingkungan, baik secara tersendiri maupun terkombinasikan dapat memungkinkan terjadinya belajar.
b. Edgar Dale dalam Anonim (2007:5) mengemukakan
sumber belajar adalah segala sesuatu yang dapat dimanfaatkan untuk memfasilitasi belajar seseorang.
c. Menurut Rohani (1997:53), sumber belajar ( learning resources) adalah segala macam sumber yang ada di luar diri seseorang (peserta didik) dan yang memungkinkan (memudahkan) terjadinya proses belajar.
d. Pendapat lain dikemukakan oleh Association Educational Communication and Technology (AECT), yang menyatakan bahwa sumber belajar adalah semua sumber baik berupa data, orang dan wujud tertentu yang dapat digunakan siswa dalam belajar, baik secara terpisah maupun terkombinasi sehingga mempermudah siswa dalam mencapai tujuan belajarnya.
b. Edgar Dale dalam Anonim (2007:5) mengemukakan
sumber belajar adalah segala sesuatu yang dapat dimanfaatkan untuk memfasilitasi belajar seseorang.
c. Menurut Rohani (1997:53), sumber belajar ( learning resources) adalah segala macam sumber yang ada di luar diri seseorang (peserta didik) dan yang memungkinkan (memudahkan) terjadinya proses belajar.
d. Pendapat lain dikemukakan oleh Association Educational Communication and Technology (AECT), yang menyatakan bahwa sumber belajar adalah semua sumber baik berupa data, orang dan wujud tertentu yang dapat digunakan siswa dalam belajar, baik secara terpisah maupun terkombinasi sehingga mempermudah siswa dalam mencapai tujuan belajarnya.
e. Sudjana (Suratno, 2008),
Menuliskan bahwa pengertian Sumber Belajar bisa diartikan secara sempit dan secara luas. Pengertian secara sempit diarahakan pada bahan-bahan cetak. Sedangkan secara luas tidak lain adalah daya yang bisa dimanfaatkan guna kepentingan proses belajar mengajar, baik secara langsung maupun tidak langsung.
f. Menurut Sudjana & Rivai (1989:77),
Sumber belajar adalah segala daya yang dapat dimanfaatkan guna memberi kemudahan kepada seseorang dalam belajarnya.
g. Menurut Sri Anitah (2008:5),
Sumber belajar adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk memfasilitasi kegiatan belajar.
h. Menurut Pawit M. Yusuf (2010:250),
Sumber belajar adalah segala jenis media, benda, data, fakta, ide, orang, dll yang dapat mempermudah terjadinya proses belajar.
i. Sadiman mendefinisikan
Sumber belajar sebagai segala sesuatu yang dapat digunakan untuk belajar, yakni dapat berupa orang, benda, pesan, bahan, teknik, dan latar (Sadiman, Arief S., Pendayagunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk Pembelajaran, makalah, 2004)
j. Ratno Dwi Joyo S.Pd. Pengertian sumber belajar ialah.
- Secara sempit, yaitu buku atau bahan cetak lainnya.
- Secara luas, yaitu segala sesuatu yang dapat dimanfaatkan untuk kegiatan belajar.
- Secara sempit, yaitu buku atau bahan cetak lainnya.
- Secara luas, yaitu segala sesuatu yang dapat dimanfaatkan untuk kegiatan belajar.
k. Ahmad Sudrajat
Sumber belajar (learning resources) adalah semua sumber baik berupa data, orang dan wujud tertentu yang dapat digunakan oleh peserta didik dalam belajar, baik secara terpisah maupun secara terkombinasi sehingga mempermudah peserta didik dalam mencapai tujuan belajar atau mencapai kompetensi tertentu.
l. Menurut Dirjen Dikti (1983: 12), sumber belajar adalah.
Segala sesuatu dan dengan mana seseorang mempelajari sesuatu. Degeng (1990: 83) menyebutkan sumber belajar mencakup semua sumber yang mungkin dapat dipergunakan oleh pebelajar agar terjadi prilaku belajar. Dalam proses belajar, komponen sumber belajar itu mungkin dimanfaatkan secara tunggal atau secara kombinasi, baik sumber belajar yang direncanakan maupun sumber belajar yang dimanfaatkan.
Dari beberapa pendapat para ahli tersebut di atas tentang pengertian sumber belajar , maka menurut pendapat saya bahwa sumber belajar itu ialah segala sesuatu yang berwujud pisik atau non pisik yang dapat dimanfaatkan untuk proses kegiatan pembelajaran, secara langsung atau tidak langsung, secara terpisah atau terkombinasi sehingga berdaya guna dan berhasil guna dalam mempermudah mencapai tujuan pembelajaran atau kompetensi tertentu.
2. Jelaskan perbedaan Sumber Belajar dengan Bahan ajar dan uraikan beserta contohnya.
Jawaban :
Sebagaimana pendapat para ahli di atas bahwa sumber belajar itu ialah segala sesuatu yang berwujud pisik atau non pisik yang dapat dimanfaatkan untuk proses kegiatan pembelajaran, secara langsung atau tidak langsung, secara terpisah atau terkombinasi sehingga berdaya guna dan berhasil guna dalam mempermudah mencapai tujuan pembelajaran atau kompetensi tertentu. Segala sesuatu yang berwujud pisik atau non pisik itu berupa pesan, orang, bahan, alat/perlengkapan, pendekatan/metode/teknik, lingkungan/latar.
Sedangkan bahan ajar ialah isi pesan atau pokok materi yang akan disampaikan/disajikan atau yang harus dicapai/dimiliki dalam tujuan pembelajaran atau kompetensi tertentu. Bahan ajar itu bisa diperoleh/ didapat dari sumber belajar.
Contohnya :
1. Seseorang atau siswa ingin belajar/memahami TIK maka bisa diperoleh dari guru/instruktur atau dari buku atau dari internet atau dari sumber belajar lainnya.
2. Guru akan mengajarkan tajwid dan makhroj, maka bisa diperoleh dari buku panduan atau dari Kaset/CD atau dari internet atau dari sumber belajar lainnya.
Selanjutnya untuk menyampaikan bahan ajar itu kepada pebelajar (peserta didik) maka digunakan media pembelajaran. Dalam penggunaan media dan bahan ajar (Utilize media and materials ) oleh pembelajar dan pebelajar berpedoman kepada 5P:
- Preview, Tinjaulah materi. Proses penyeleksian bahan ajar ini menentukan materi yang cocok dengan tujuan dan kondisi siswa.
- Prepare the Material, Persiapkan bahan ajar dengan; mengumpulkan semua materi dan peralatan yang akan diperlukan, kemudian menentukan urutan penggunaan materi dan medianya
- Prepare the embironment, Mempersiapkan lingkungan belajar (di lab, di pusat media, atau di lapangan olah raga, fasilitas termasuk tempat duduk, ventilasi, pencahayaan dan sebagainya.
- Prepare the Learners, Mempersiapkan siswa sama pentingnya dengan memberikan pengalaman belajar. Sampaikan tinjauan isi pelajaran, dasar pemikiran tentang topik yang akan dikaji dan berikan motivasi
- Provide the Learning Experience,
memberikan pengalaman belajar seperti mengeksplorasi topik, misalnya di internet, membahas isi, mempersiapkan materi untuk portofolio atau menyampaikan informasi ke rekan sekelasnya.
3. Secara skematik prosedur merancang sumber belajar mengikuti langkah sebagai berikut :
Jawaban :
Langkah 1 Mempelajari Kurikulum
Langkah ini dilakukan untuk mempelajari dan mengkaji berbagai persoalan yang
terkait dengan perancangan sumber belajar di sekolah berdasarkan tuntutan
karakteristik setiap mata pelajaran dalam kurikulum berbasis kompetensi, baik dari
sisi kompetensi yang harus dimiliki, maupun bahan yang akan disampaikan kepada
anak didik.
Langkah 2 Menetapkan kompetensi siswa yang hendak dicapai
Langkah ini dilakukan untuk menetapkan kompetensi yang harus dimiliki atau
dicapai siswa pada setiap mata pelajaran yaitu dengan menetapkan standar
kompetensi dan kompetensi dasar.
Langkah 3 Memilih dan menentukan materi yang akan disajikan
Langkah ini dilakukan sebagai preview yaitu proses pemilihan atau penyeleksian dan
penentuan materi yang akan disajikan yang cocok/sesuai dengan tujuan pembelajaran
dan kondisi siswa.
Langkah 4 Memilih dan menentukan jenis dan sumber belajar
Setelah mempelajari kurikulum, menetapkan kompetensi siswa yang hendak dicapai
dan memilih dan menentukan materi yang akan disajikan, langkah selanjutnya ialah
menetapkan jenis dan sumber belajar yang akan digunakan. Langkah ini dilakukan
dengan cara mengkaji berbagai teori dan hasil analisis yang telah dilakukan, kemudian
menyusun konsep dan konstruknya, aplikasi, serta implementasinya. Konsep dan
konstruk yang telah tersusun, akan dijadikan rujukan dalam menetapkan sumber
belajar.
Langkah 5 Mengembangkan sumber belajar
Langkah ini dilakukan dengan cara mengkaji dan meneliti masukan yang berasal dari
pemilihan dan penentuan jenis dan sumber belajar yang digunakan dalam
pembelajaran. Selanjutnya hasil dari pengembangan tersebut, dapat dijadikan bahan
bagi kegiatan revisi penggunaan sumber belajar. Hasil revisi ini, kemudian menjadi
rujukan untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran.
Langkah 6 Mengevaluasi sumber belajar
Langkah kegiatan ini melihat kriteria keberhasilan dalam merancang sumber belajar
dan mengevaluasi pelaksanaan penggunaan sumber belajar. Dengan evaluasi, kita
dapat mengamati kekurangan-kekurangan yang terdapat pada sumber belajar tersebut,
sehingga ada suatu perbaikan untuk mencapai sumber belajar yang lebih baik, yang
sesuai dengan kebutuhan dan tujuan yang telah ditetapkan.
4. Buatlah Rencana Pembelajaran / RPP dalam persiapan mengajar saudara dalam kelas, yang disesuaikan dengan kondisi kelas, letak geografis, keterbatasan sarana dan lain-lain, dengan melibatkan sumber belajar secara optimal?
Jawaban :
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
NamaSekolah | : | MTs Husnul Khotimah |
Mata Pelajaran | : | Matematika |
Kelas/ Semester | : | VII ( Tujuh ) / 1 (satu) |
Standar Kompetensi | : | 3. Menggunakan bentuk aljabar, persamaan, dan pertidaksamaan linear satu variable dan perbandingan dalam pemecahan masalah |
Kompetensi Dasar Indikator | : : | 1.2. 3.3. Menggunakan konsep aljabar dalam pemecahan masalah aritmetika sosial yang sederhana 1. Menjelaskan pengertian Bruto, Tara dan Netto 2. Menentukan berat salah satu jika keduanya diketahui 1 |
Alokasi Waktu | : | 2 x 40 menit |
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Siswa mampu :
- Menjelaskan pengertian Bruto, Tara dan Netto
- Menentukan berat salah jika jika keduanya diketahui
Karakter siswa yang diharapkan :
Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerjasama
B. MATERI PEMBELAJARAN
- Bruto, Tara dan Netto
C. METODE PEMBELAJARAN
Ceramah, tanya jawab dan diskusi kelompok
D. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
1. Kegiatan Pendahuluan
a. Apersepsi : Mengingat kembali tentang bentuk aljabar
b. Motivasi : Konsep tentang aritmatika sosial banyak dipakai dalam kehidupan
sehari-hari
2. Kegiatan Inti
a. Siswa berkelompok maksimal 5 orang sesuai dengan yang telah ditentukan
sebelumnya dengan membawa beberapa jenis makanan ringan atau sembako
( gula, garam atau lainnya ) dalam bentuk kemasan.
b. Siswa mencatat masing-masing netto makanan atau sembako yang tertera dalam
kemasan.
c. secara bergiliran masing-masing kelompok menimbang setiap makanan atau
sembako dalam kemasaan kemudian dicatat sebagai Bruto.
d. Masing-masing kelompok membuka isi setiap kemasan yang berupa makanan
atau sembako.
e. Secara bergiliran masing-masing kelompok menimbang kembali setiap isi
kemasan dan mencocokkannya dengan netto yang tertera dalam kemasan.
f. Dengan mengetahui bruto dan netto setiap makanan atau sembako, maka masing-
masing kelompok menghitung berat setiap kemasan sebagai Tara.
g. Masing-masing kelompok menyimpulkan arti dari Bruto, Tara dan Netto.
3. Kegiatan Penutup
a. Melakukan refleksi terhadap apa yang telah dipelajari.
b. Guru memberikan tugas PR
E. SUMBER BELAJAR
Buku Paket, Neraca Timbangan dan makanan atau sembako dalam bentuk kemasan.
F. PENILAIAN
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | |
Ø Menjelaskan pengertian : - Bruto - Tara - Netto Ø Menentukan berat salah satu jika keduanya diketahui | Tes tertulis Tes tertulis | Uraian Uraian | Jelaskan pengertian dari : - Bruto - Tara - Netto Jika diketahui bruto satu peti telur17 kg dan berat petinya 1,5 kg, berapakah netto satu peti telur itu ? |
Mengetahui, Kepala MTs Husnul Khotimah SOELAIMAN,S.H.I | Kuningan, 10 Juli 2011 Guru Matematika Drs. MUHAMAD AGUNG |
5. Jika saudara menjadi pemangku kebijakan dibidang pendidikan di Kabupaten Kuningan, Program apakah yang akan saudara lakukan terkait dengan peningkatan kualitas pendidikan yang berorientasi pada pengembangan sumber belajar?
Jawaban :
Program yang akan dilakukan terkait dengan peningkatan kualitas pendidikan yang berorientasi pada pengembangan sumber belajar :
a. Meningkatkan profesionalis guru/ tenaga pendidik dengan mengadakan pendidikan dan pelatihan yang berorientasi pada optimalisasi pengembangan sumber belajar.
b. Mengefektifkan forum MGMP yang dibentuk pergugus (pengelompokkan sekolah dengan radius terdekat) untuk melakukan sharing atau tukar pendapat/pengalaman atau kerja kelompok dalam penyusunan silabus, RPP, pembuatan media pembelajaran, melakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan lain sebagainya dengan berorientasi pada pengembangan sumber belajar.
c. Membentuk forum komunikasi antar gugus MGMP untuk melakukan sharing atau tukar pendapat/pengalaman dengan mempersentasikan hasil-hasil MGMP pergugus yang terbaik sehingga dapat dicontoh dan dikembangkan di sekolah masing-masing.
d. Memberikan apresiasi atau reward bagi guru atau kelompok MGMP yang memiliki hasil karya yang terbaik dan inovatif dalam pengembangan sumber belajar.
e. Kepada Kepala Sekolah agar memberikan kesempatan dan dana yang memadai pada setiap guru untuk mengikuti berbagai kegiatan edukatif, pengembangan diri dan pengembangan sumber belajar tanpa meninggalkan tugas dan kewajibannya dan tidak memberikan beban mengajar yang padat.
f. Memberikan perhatian terhadap kesejahteraan guru sehingga dapat bekerja (mengajar) secara profesional dan penuh konsentrasi.
g. Kepada setiap sekolah agar memiliki kelengkapan buku-buku literature di perpustakaan sebagai sarana sumber belajar bagi guru dan siswa.
h. Menyediakan sarana dan fasilitas penunjang yang berorientasi pada pengembangan sumber belajar yang berbasis teknologi informasi dan komunikasi dan lingkungan sekolah seperti jaringan internet, taman/kebun sekolah, koperasi/kantin, majalah dinding, surat kabar dan lain-lain yang bisa dijadikan sumber belajar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar